Selamat datang di Aquarium Kalbar

Ikan Cupang Dari Kalimantan

Kamis, 23 Oktober 20141komentar

Cupang atau Betta ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang atau betta umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias(betta show), cupang aduan(betta fighter), dan cupang liar(wild betta).

Cupang alam atau wild betta merupakan spesies asli cupang yang dapat ditemukan diperairan alam bebas, umumnya cupang alam ditemukan diperairan pedalaman hutan.

Sekitar beberapa tahun yang lalu tepatnya sekitar 10 – 20 tahun yang lalu cupang alam dengan mudah ditemui ditempat dimana ada genangan air, khususnya dipulau Kalimantan dan sumatera. Seperti selokan, empang dan sawah. Namun kini cupang alam hanya dapat ditemui ditempat-tempat tertentu dan komunitasnya semakin terusik seiring perkembangan jumlah penduduk sehingga membuat tempat tinggal baru dan menggerus habitat alami cupang alam tersebut serta pembangunan industri yang modern juga perluasan perkebunan sawit di beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatra membuat habitat cupang alam ini semakin sulit ditemui.

Kini cupang alam merupakan cupang yang sangat diburu oleh peternak dan kolektor cupang. Karena selain keindahan dan keunikannya, masalah harga jangan ditanyakan lagi, harga nya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per ekor tergantung tingkat kelangkaannya.

Kalimantan Barat sendiri ada beberapa jenis ikan cupang alam, bahkan dibeberapa tempat sudah sulit menemukan di habitat aslinya, salah satu jenis yang langka yaitu betta dimidiata.
Dimidiata sendiri berasal dari kata latin dengan arti “dibelah dua” mengacu pada ukuran ikan ini dan bentuk ekor yang terbelah dua. Lokasi ditemukannya ikan ini adalah di Kapuas basin, Sungai Seriang, 37 kilometer barat Putussibau.

Seriang adalah anak sungai yang ada disungai kapuas, Kalimantan Barat (Kalbar), dan spesies ini mendiami dan menjadi endemik pada bagian permukaan dari aliran sungai Kapuas termasuk wilayah Danau Sentarum. Biasanya mendiami sungai hutan rawa dan kolam, atau genangan air, beberapa ikan ini pernah ditangkap di aliran kecil sungai dengan kedalaman hanya 50 sentimeter. Lokasi habitatnya biasanya terlindungi dari paparan sinar matahari langsungi, untuk Airnya itu sendiri berwarna sedikit coklat bahkan sangat coklat dikarenakan zat-zat organik yang terlarut dikarenakan proses pembusukan baik dari daun, kayu, ranting dan akar-akar pohon yang mengeluarkan zat tanin. Dengan pH cukup rendah dan substrat untuk habitat ikan cupang alam terdiri dari daun-daun yang mati dan jatuh, cabang dan akar pohon yang terendam.

Pada waktu-waktu tertentu terutama pada saat musim kemarau disaat kondisi air menyusut Wild Betta ini mungkin terpaksa bertahan hidup dalam tumpukan daun yang lembab atau di lubang-lubang di dasar sungai selama beberapa minggu hingga musim kemarau berakhir dan air menggenangi lagi aliran sungai-sungai kecil, kolam, danau, serta rawa-rawa.


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

26 November 2020 pukul 23.34

Kini cupang alam merupakan cupang yang sangat diburu oleh peternak dan kolektor cupang. Karena selain keindahan dan keunikannya, masalah harga jangan ditanyakan lagi, harga nya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per ekor tergantung tingkat kelangkaannya. polycotton sheets , queen bed comforter set , alkaram bed sheets , fancy nancy twin bed set , buy duvet covers online , vicky razai factory , 3 piece sofa covers , velvet sheet set

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger