Selamat datang di Aquarium Kalbar

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Filter

Selasa, 09 Desember 20143komentar

Filter air merupakan salah satu peralatan yang wajib untuk dimiliki oleh setiap pemelihara ikan hias dan tanaman air. Filter ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk kesehatan sebuah aquarium, pergerakkan air, sirkulasi udara dan rumah bagi bakteri yang menguntungkan adalah manfaat dari penggunaan filter air pada aquarium. Banyak jenis filter air yang beredar di pasaran dan penggunaannya tergantung oleh setiap orang dan fungsi aquarium sendiri, setiap filter mempunyai kelebihan maupun kekurangannya, mari kita cek jenis-jenis filter untuk referensi filter apa yang yang akan anda pakai?

  • Filter Spons
    Filter spons ini biasanya dipakai bersamaan dengan pompa udara dan mengambil sebagian tempat di dalam aquarium. Spons pada filter ini mempunyai permukaan yang sangat bagus untuk perkembangan bakteri baik dan mikro organism seperti infusolia.
    Kekurangan dari penggunaan filter ini di saat pembersihan, sewaktu spons di bersihkan banyak bakteri baik yang akan hilang, serta memakan tempat yang cukup banyak dalam aquarium, filter ini tidak cocok untuk aquascape.

  • Filter Gantung
    Filter ini biasanya menggantung di belakang aquarium makanya di katakan filter gantung. Aquarium yang berbentuk bulat atau melengkung tidak cocok untuk menggunakan filter ini, filter gantung memberikan efek air terjun pada aquarium dan tidak memakai banyak tempat di dalam aquarium, sehingga ikan dapat bermain lebih leluasa.Kekurangan dari filter gantung  ini hanya bisa digunakan dalam jumlah kecil, oleh karena itu jumlah bakteri yang bermanfaat bagi ikan lebih sedikit di banding jenis filter lainnya.

  • Filter Eksternal
    Jenis filter ini cocok untuk jenis pemeliharaan aquascape karena air akan di tarik ke dalam box dengan junlah media yang cukup banyak dan akhirnya akan dipompa ke ujung aquarium yang lain. Filter ini mempunyai tempat untuk jumlah media yang cukup besar namun menggunakan tempat paling sedikit di aquarium.





  • Filter Atas
    Kerja dari filter ini adalah penggunaan pompa, air akan di pompa masuk kedalam kotak yang penuh dengan filter media. biasanya kotak tersebut di pasang di atas aquarium.
    Kelebihan filter ini adalah penggunaan media yang cukup besar, sedangkan kekurangannya hampir sama dengan spons filter yaitu memakan banyak tempat dalam aquarium.


  • Filter Bawah Substrat
    Jenis filter ini menggunakan udara sebagai  tenaganya dan di taruh di bawah pasir di dalam aquarium, hal ini membuat filter dapat merumahi bakteri dalam jumlah banyak. Filter ini jarang beredar di pasaran di karenakan besarnya ukuran aquarium mempengaruhi ukuran filter ini. perawan dari filter ini juga cukup sulit apabila bagian dari filter ini rusak, perbaikan tidak dapat dilakukan tanpa menghancurkan desain aquarium.

  • Filter Internal
    Penggunaan media pada filter ini ditaruh di bawah pompa air, tipe filter ini mempunyai kelebihan aliran air yang lebih kencang. filter ini mempunyai kekurangan yang hampir sama dengan filter dalam aquarium ialah pemakaian tempat yang cukup banyak sehingga kurang leluasanya ikan dalam aquarium.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

2 Maret 2017 pukul 02.04

Blog Edukasi dan Solusi Peralatan Aquarium - Aquascape www.tokoscaper.com

26 April 2019 pukul 23.38

misi gan

dari semua filter itu mana kah yang lebih sempurna menyaring kotoran & lebih efektif...

terima kasih gan atas info nya

21 Agustus 2020 pukul 00.38

Untuk aquarium besar lebih rekom menggunakan sump atau talang filter

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger