Selamat datang di Aquarium Kalbar

Manfaat Lampu Pada Aquarium

Senin, 27 Oktober 20142komentar

Cahaya adalah salah satu aspek yang paling penting dari aquarium. Seperti pada umumnya aquarium perlu adanya intensitas cahaya yang berfungsi sebagai penerangan bagi biota dalam aquarium. fungsi lain dari sinar penerangan adalah untuk membantu pembentukan warna sisik dan sirip ikan hias. apabila penerangan pada aquarium kurang, tubuh ikan akan tampak berwarna pucat atau kusam. maka dari itu fungsi lampu adalah sebagai pengganti cahaya yang menunjang keperluan hidup ikan hias. Cahaya pengganti yang baik ialah warna merah cerah, neon hijau redup, putih atau merah muda. pencahayaan yang cukup akan membuat tubuh ikan tampak cerah berkilau.
warna sinar dapat mempengaruhi pertumbuhan warna sisik ikan. Misalnya warna merah disamping dapat membantu pertumbuhan sisik dan sirip sekaligus dapat merangsang pertumbuhan tanaman dalam aquarium.
Pencahayaan dalam aquarium akan lebih baik bila dilengkapi dengan alat pengatur yang berfungsi untuk menjaga agar suhu air dalam aquarium tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.



Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih sinar untuk pencahayaan dalam aquarium yakni:
- Warna sinar
- Kemampuan sinar menembus air
- Jenis tanaman air yang ditempatkan dalam aquarium

Karena pemberian cahaya ini memiliki arti yang sangat penting terutama pada saat waktu ikan sedang memijah. pemakaian sinar yang tepat dapat menekan pertumbuhan lumut atau ganggang, sehingga aquarium tidak lekas kotor. oleh sebab itu penggunaan lampu harus diatus secara tepat. Lampu dengan watt kecil harus dinyalakan dengan waktu relatif lama sedangkan lampu dengan watt besar harus dinyalakan dengan waktu yang pendek hal ini bertujuan untuk menjaga suhu air dalam aquarium menjadi lebih stabil.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

6 Desember 2017 pukul 05.11

Terimakasih infonya ya

26 November 2020 pukul 23.35

warna sinar dapat mempengaruhi pertumbuhan warna sisik ikan. Misalnya warna merah disamping dapat membantu pertumbuhan sisik dan sirip sekaligus dapat merangsang pertumbuhan tanaman dalam aquarium. wholesale best shalwar kameez suppliers , pakistani dresses wholesale , Pakistanis Top stitching unit

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger