Selamat datang di Aquarium Kalbar

Cara Membudidayakan Ikan Cupang Sendiri Di Rumah

Kamis, 08 Januari 20150 komentar


Bagi para penggemar ikan cupang yang cantik ini, saya akan memberikan beberapa tips membudidayakan sendiri ikan cupang. karena proses dari pengawinan ikan cupang ini tidak terlalu rumit maka kita bisa melakukan pengawinannya di rumah kita sendiri.
Berikut cara membudidayakan ikan cupang di rumah sendiri :
  • Pertama pisahkan ikan cupang betina dari jantan kira-kira seminggu sebelum pengawinan di lakukan. Atur pakan untuk ikan cupang betina secara variasi seperti contoh beri pakan hidup, pelet dan pakan kering sebanyak 2x sehari, lakukan lebih sering penggantian air di dalam wadah. Apabila ikan betina sudah siap kawin, perut pada ikan cupang akan tampak besar dari ukuran normal dikarena kan berisi telur.
  • Yang kedua tempat kan cupang jantan di dalam wadah yang akan di gunakan untuk pemijahan selama 2-3 hari agar cupang jantan terbiasa dan bisa membangun sarang dari gelembung kecil yang akan muncul di permukaan air.
  • Ketiga setelah semua telah siap, pindahkan cupang betina ke dalam wadah pemijah yang telah disiapkan. Cupang jantan akan mulai agresif mengejar-ngejar dan menggigiti sirip dari cupang betina, namun apabila cupang jantan over agresif pisahkan lagi keduanya dikarenakan bisa membunuh cupang betina dan lakukan proses ini setelah beberapa hari.
  • Apabila cupang jantan mulai menggesakkan tubuhnya ke cupang betina ini adalah proses perkawinan terjadi. Pada tahap ini cupang betina melepaskan telurnya ke dalam air yang di iringi dengan pelepasan sperma juga oleh cupang jantan sehingga terjadi pembuahan. Perkawinan ini biasanya berlangsung selama 10 sampai 30 detik, dan bisa berulang-ulang selama beberapa jam, kemudian cupang jantan akan mengambil telur menggunakan mulutnya dan meletakkan ke sarang gelembung yang telah di buat tadi.
  • Kelima, setelah proses perkawinan selesai segera pindahkan cupang betina dari wadah pemijah dan biarkan cupang jantan di dalam wadah bersama telur yang sudah dibuahi. Dalam 2-3 hari setelah kawin ludah cupang jantan akan menyebabkan telur mulai menetas.
  • Yang terakhir pindahkan cupang jantan setelah 2 hari penetasan telur ketika anak cupang mampu berenang secara mandiri



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger