Selamat datang di Aquarium Kalbar

Ikan Hias Air Tawar Kalimantan Barat

Jumat, 17 Oktober 20141komentar

Ikan  Hias Asli dari Kalbar: Salah satu potensi sumberdaya perikanan asli Provinsi Kalimantan Barat yang sudah terkenal keseluruh dunia adalah ikan Arwana Super Red (scleropages formosus) dengan habitat asli berada di hulu DAS suangai kapuas tepatnya di kabupaten Kapuas Hulu. ikan  ini mendunia karena keindahan sisiknya yang memiliki guratan merah menyala yang menyerupai cincin di seluruh tubuhnya.
Arwana super red ini bisa disebut juga sebagai ikan arwana merah terang strain kapuas hulu yang memiliki postur tubuh yang sangat proposional dari ujung kepala hingga ekor dengan warna merah terang yang memancar dari seluruh sisiknya, ikan ini disebut dengan arwana merah strain kapuas hulu karena memiliki keunikan dan ke khasan yang mudah dibedakan dari ikan arwana merah dari tempat lain indonesia maupun malaysia.
Di habitat aslinya ikan arwana merah terang dari kalimantan barat ini hidup di DAS sungai kapuas dan danau sentarum dengan arus air yang tidak terlalu deras, dan juga berkembang sampai jauh hingga ratusan kilometer ke hilir sehingga mencapai DAS kapuas di kabupaten kubu raya dan kota pontianak, hal tersebut diketahui karena sering kali beberapa nelayan di daerah kubu raya dan kota pontianak secara tidak sengaja menemukan ikan tersebut tersangkut di jaring mereka. Dari pengalaman tersebut makan ikan arwana Super Red Kapuas Hulu ini dapat berkembang biak di seluruh wilayah provinsi kalimantan barat.
keunikan lain dari ikan arwana super red strain kapuas hulu kalimantab barat adalah mampu beradaptasi dan hidup diberbagai kawasan lintas benua hingga mencapai umur ditas sepuluh tahun. Namun demikian, untuk dilakukan uapaya pengembangbiakan diluar habitat aslinya, ikan ini masih sulit dilakukan dan banyak mengalami kegagalan, Hal ini menyebabkan arwana super red strain kapuas hulu  tetap memilki kualitas yang terbaik dibanding ikan arwana sejenis dari luar kalimantan barat. Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari ikan asli kalimantan ini harus membudidayakan di habitat aslinya yaitu kapuas hulu kalimantan barat, habitat yang di sukai arwana super red strain kapuas hulu ini ber PH air optimal 6.0 - 7.0, tingkat kesadahan berkisar 8 derajat, suhu air berkisar 26 derajat s/d 30 derajat celcius dengan lingkungan perairan yang tenang dan tidak tercemar. arwana ini hidup di sungai dengan dasar berbatu-batu, danau, rawa dan perairan umum yang berarus sedang atau lambat. Pada Fase perkembangbiakan, ikan arwana asli kalimantan barat ini mempunyai kebiaasaan menjaga anaknya dalam mulut (mouth breeder). Fekunditas ikan ini berkisar antara 20 - 60 butir telur yang erat kaitan dengan umur ikan, Pengeraman telur dan mengasuh anak berlangsung antara 1 - 2 bulan, anaknya mempunyai kuning telur yang akan diserap sebagai makanan dalam waktu 1 bulan sampai ukuran 6 - 7 cm. Setelah itu dilepas induknya karena dianggap sudah mampu mencari makanan sendiri, arwana dewasa dikenal hidup menyendiri dan agresif menyerang untuk berkelahi, arwana kapuas hulu ini dikenal aktif bereang di permukaan air oada malam hari untuk mencari mangsa, sedangkan pada siang hari lebih cendrung tinggal di dasar perairan. Makanan dari ikan ini dapat berupa serangga, ikan kecil, udang-udangan dan tanaman air.
Harga jual ikan arwana super red strain kapuas hulu ini dapat berkisar Rp 4 juta s/d 8 juta dengan ukuran 10 cm di dalam negeri, sedangkan di luar negeri biasanya mencapai dua kali lipat dari harga dalam negeri. pemanfaatan ikan hias arwan ini pada umumnya adalah sebagai ikan hias yang dipajang dalam aquarium di tempat-tempat yang elit, seperti diruang kerja direktur atau kepala kantor, lobby hotel berbintang, ruang tamu rumah para hobbies yang menikmati liukan-liukan  yang dapat membewa ketenangan dan menghilangkan stress pemiliknya dengan warna merah terang yang cantik tersebeut.

Klasifikasi ikan arwana super red Kapuas Hulu Kalimantan Barat sebagai berikut:
Kelas
:
Pisces
Sub Kelas
:
Toleostei
Ordo
:
Malacopterygii
Famili
:
Osteoglossidae
Genus
:
Scleropages
Spesies
:
Sleropages formosus
Nama Indonesia
:
Ikan arwana merah terang Strain Kapuas Hulu
English name
:
Arwana super red West Kalimantan
Habitat asal
:
Di Das Kapuas dan Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat




Semoga ulasan diatas bisa menambah refrensi para pencinta hewan air di kalimantan barat, terima kasih atas kunjungan nya....!!!

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger