Selamat datang di Aquarium Kalbar

Fakta Unik Ikan Sapu-sapu

Rabu, 26 November 20140 komentar

Bagi penggemar ikan hias, tentu tidak asing dengan ikan yang satu ini. Ikan sapu-sapu, begitu banyak orang menyebutnya. Ikan yang namanya sama seperti hal yang dilakukannya (yaitu membersihkan atau sapu-sapu) ini memiliki beragam fakta-fakta menarik untuk dicermati, karena ikan sapu-sapu ini mempunyai banyak manfaat terhadap kebersihan aquarium dirumah kita. Langsung saja inilah beberapa fakta mengenai ikan sapu-sapu.


1. Ikan Sapu-Sapu adalah Ikan Pemalas
Memang benar, ikan sapu-sapu adalah ikan yang malas. Ikan ini lebih banyak menempel didinding     aquarium daripada berenang kesana kemari seperti ikan-ikan lainnya. Oleh karena itu banyak yang     menyebutnya ikan pemalas.

2. Ikan Sapu-Sapu Tahan Banting
Ikan Sapu-Sapu adalah ikan yang tahan banting. Maksudnya tahan banting adalah ikan ini mampu     bertahan hidup dikondisi air yang buruk. Seperti pada kondisi air yang sudah tercemar limbah. Ikan   lain yang tahan banting lainnya seperti ikan mujair masih kalah dengan ikan sapu-sapu dalam soal       ini.

3. Ikan yang Cinta Damai
Jika anda ingin memelihara ikan sapu-sapu, jangan khawatir ikan sapu-sapu akan konflik dengan       ikan lainnya karena mayoritas ikan sapu-sapu adalah ikan pendamai yang cinta damai dengan           penduduk aquarium lainnya, kecuali yang berjenis ‘common pleco’ yang dapat melukai ikan lain.

4. Menyukai Mentimun
Ikan sapu-sapu adalah omnivora, makanannya adalah makhluk hidup dan mati. Makanan hidupnya   adalah Algae, kutu air dan infusoria. Serta makanan tak hidupnya adalah algae wafer, sisa pakan,       ikan mati dan mentimun yang ditenggelamkan.

5. Kumis yang menjadi ciri-ciri kelamin
Cara membedakan ikan sapu-sapu jantan dan betina biasanya dibedakan dari panjang kumisnya.         Karena biasanya kumis ikan sapu-sapu jantan lebih panjang daripada ikan-sapu-sapu betina.

Itulah beberapa fakta mengenai ikan sapu-sapu yang mempunyai keunikan tersendiri dibanding ikan hias lainnya. Untuk memelihara kebersihan aquarium, maka anda disarankan memelihara ikan ini.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger