Selamat datang di Aquarium Kalbar

Tips Memelihara Ikan Mas Koki

Selasa, 11 November 20141komentar


Ikan mas koki sudah merupakan jenis ikan yang sangat umum dipelihara orang. Hal ini disebabkan karena biaya perawatannya tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan perhatian khusus serta umur ikan yang tidak panjang. Namun, jika kamu merawatnya dengan baik, ikan ini sebenarnya memiliki umur yang cukup panjang, bisa sampai sepuluh tahunan. Kembali lagi dengan cara kamu merawat dan menyayanginya. Berikut adalah beberapa masukan untuk kamu yang suka memelihara ikan mas.

Wadah.
Beberapa dari kamu, pasti ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca. Memang dengan meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca ini memberikan kesan artistik. Namun sebenarnya, wadah ini sangat kecil bahkan untuk menampung satu ekor ikan mas. Hal ini membuat ikan mas kamu susah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Oleh karena itu, gunakan wadah aquarium yang cukup untuk memelihara ikan mas kamu. Selain aquarium tersebut dapat mendukung kehidupan ikan mas kamu, permukaan aquarium yang lebar membuat ikan mas kamu dapat memperoleh oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Ini dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan aquarium yang mempunyai area yang lebih luas. Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, hanya akan menyusahkan kamu sendiri karena kamu harus membersihkannya setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.

Ukuran.
Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika kamubisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal kamu sudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas kamu bisa tumbuh besar, ikan mas kamuakan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

Penutup aquarium.
Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya kamu memberikan triplek/ kayu untuk menutup aquarium kamu. Tutup itu juga berguna nantinya bagi kamu jika kamu ingin menambahkan lampu aquarium.

Lampu.
Gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium kamu selama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Selain karena lampu ini tidak memakan banyak watt listrik, lampu ini menghantarkan panas yang cukup baik dibanding lampu pijar biasa yang berwarna putih yang cenderung menghantarkan panas berlebihan.

Dasar kerikil pada aquarium.
Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar aquariumkamu. Ada beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air aquarium kamu. Berbeda dengan terumbu karang yang membawa pengaruh terhadap keasaman air. Kedua, karena kerikil ini membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam aquarium kamu. Selain untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang ada di dalam aquarium.

Air.
kamu juga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium kamu secara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat kamu beli di toko perlengkapan aquarium di kota kamu. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan mas kamu. Jika hal ini terjadi, kamu dapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.

Menukar air aquarium.
Umumnya aquarium dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menjaga kebersihan aquarium kamu. Namun, hal ini bukan berarti kamu membiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Yang benar adalah kamu tetap harus secara rutin mengganti air pada aquarium kamu sekali atau dua kali dalam seminggu.

Penyaring.
Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan maskamu. Untuk itu, kamu harus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter kamu harus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquarium kamu. Sebagai tambahan, filter ini diciptakan dengan berbagai kapasitas. kamu harus menyesuaikan jenis filter yang kamu gunakan dengan jumlah ikan yang kamu pelihara. Semakin banyak ikan yang kamu pelihara di dalam aquarium kamu, maka harus semakin tinggi juga kapasitas filter yang kamu gunakan.


Makanan ikan.
Pada dasarnya, makanan yang dimakan ikan mas adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Berikanlah sedikit pellet untuk ikan mas kamubeberapa kali dalam satu hari. Jika pellet yang kamuberikan tidak habis dalam jangka 5 menit, ini berarti kamu memberi terlalu banyak.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Support : Aquariumkalbar
Copyright © 2011. AquariumKalbar - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger